"TERIMA KASIH" Anda telah memasuki Website Media Suara Online Terkini "SOT Jepara" Sebelum anda membaca semua berita yang telah kami rangkum sebelumnya kami akan jelaskan mengenai SOT Jepara ok... Suara Online Terkini adalah Media Online yang mampu menampung berbagai macam berita diantaranya Seputar Nasional, Metropolitan, Daerah, Ekonomi, Bisnis, Internasional, Sosial, Budaya, Agama, Pendidikan, Politik, Hukum, Kesehatan dll kami terima kritik dan saran melalui kontak kami.atau Hub: 085-229-333-371 Pin BB:7473F04F.
Headlines News :
Home » » Desa kawak gelar sedekah,puluhan jondang diarak keliling desa

Desa kawak gelar sedekah,puluhan jondang diarak keliling desa

Written By suaraonlineterkini on Jumat, 23 September 2016 | 10.13

Ritual Sedekah Bumi di di Jepara
JEPARA - suaraonlineterkini.com - Gelaran sedekah bumi desa kawak berlangsung meriah aneka hasil bumi diarak keliling desa yang di ikuti ratusan warga ,Festival Jondang ini merupakan upaya untuk melestarikan Tradisi jondang. Jondang adalah alat yang dijadikan tempat untuk barang-barang yang dibawa saat lamaran yang diberikan kepada calon pengantin wanita,” ujar Tokoh masyarakat Desa Kawak, Amin Ayahudi kepada SOTnews.Kamis (22/9/2016).Menurutnya, 

Dengan adanya Festival Jondang tersebut, masyarakat Desa Kawak yang sudah saatnya menikah tidak menemui kesulitan mendapatkan jodoh. Itu diyakini merupakan berkah yang didapatkan dari pelestarian budaya leluhur.“Tentu saja atas izin Allah SWT. 

Semoga warga yang sudah waktunya menikah, dilancarkan dalam mendapatkan jodoh,” terang Amin.Prosesi Festival Jondang ini dilakukan dengan cara mengarak jondang yang diisidengan hasil bumi warga, serta dibentuk dengan berbagai macam bentuk yang unik. Seperti dibentuk gundukan, dibentuk berbagaijenis binatang, hiasan hingga almari seperti layaknya saat masyarakat melakukan aktivitas melamarjodohnya.Berbagai jenis hasil bumi yang diangkut menggunakanjondang tersebut diarak dari Balai Desa Kawak hingga ke punden yang berada di kawasan masjid Wali. Jaraknya sekitar dua kilometer.“Ada sekitar 25 kelompok yang mengikuti Festival Jondang ini. 

Mereka terdiri dari perwakilan RT masing-masing dan lembaga yang ada di Desa Kawak,” kata Petinggi Desa Kawak, Eko Hery Purwanto.Menurutnya, 

Festival Jondang tersebut merupakan rangkaian acara sedekah bumi yang dilakukan setiap tahun. Sebelumnya juga dilaksanakan tradisi gogo lele dan sepakbola api. “Setelah arak-arakan hasil bumi dan jondang itu, dilaksanakan prosesi doa bersama,’ katanya.Ia menambahkan, selain diharapkan mendapatkan berkah juga semakin mengeratkan kerukunan antarwarga desa.pungkasnya.

[RIZ]
Share this post :

Posting Komentar

 
Support : Creating Website | Maz Kizin | Redaksi
Copyright © 2014. Suara Online Terkini - All Rights Reserved
Template Created by SOT Jepara Published by Maz Kizin
Proudly powered by SOT Jepara