"TERIMA KASIH" Anda telah memasuki Website Media Suara Online Terkini "SOT Jepara" Sebelum anda membaca semua berita yang telah kami rangkum sebelumnya kami akan jelaskan mengenai SOT Jepara ok... Suara Online Terkini adalah Media Online yang mampu menampung berbagai macam berita diantaranya Seputar Nasional, Metropolitan, Daerah, Ekonomi, Bisnis, Internasional, Sosial, Budaya, Agama, Pendidikan, Politik, Hukum, Kesehatan dll kami terima kritik dan saran melalui kontak kami.atau Hub: 085-229-333-371 Pin BB:7473F04F.
Headlines News :
Home » » Masjid Panepen, Tempat Sultan Menyendiri

Masjid Panepen, Tempat Sultan Menyendiri

Written By Unknown on Kamis, 07 November 2013 | 08.19

Masjid Panepen tempat pelaksanaan Ijab Qobul KPH.Notonegoro dengan GKR.Hayu merupakan masjid yang biasanya digunakan oleh Sri Sultan Hamengku Buwono X untuk menyendiri. Masjid ini memang sebelumnya digunakan oleh raja-raja sebelumnya untuk menyepi.
Masjid dengan kapasitas kecil ini tidak semua orang atau pun kerabat Keraton yang boleh masuk ke dalamnya. Hanya orang tertentu seperti raja-raja terdahulu saja yang boleh menggun
akan masjid tersebut.
Menurut, Prof. Joko Suryo, pakar Budaya Kraton, penggunaan masjid Panepen untuk acara pernikahan bisa diartikan Sultan ingin pernikahan putrinya menjadi sesuatu yang lebih privat bagi dirinya.
“Bisa jadi dengan penggunaan Masjid Panepen yang biasa digunakan untuk menyendiri oleh Sultan untuk Ijab, Sultan ingin pernikahan putrinya yang terakhirnya ini menjadi bagian yang intim sehingga dipakai masjid yang merupakan tempat yang privasi bagi sultan,” jelas Prof.Joko saat diwawancarai, Selasa (22/10).
Prof. Joko menerangkan biasanya masjid ini digunakan oleh raja-raja untuk merenungkan permasalahan dan mencari jalan keluar dengan cara menenangkan diri di dalam masjid Panepen.
“Kalau sedang ada permasalahan, raja-raja, termasuk Sultan HB X akan menenangkan diri disini, mencari jalan keluar dari pemasalahan tersebut,” ujar dia.
Share this post :

Posting Komentar

 
Support : Creating Website | Maz Kizin | Redaksi
Copyright © 2014. Suara Online Terkini - All Rights Reserved
Template Created by SOT Jepara Published by Maz Kizin
Proudly powered by SOT Jepara