"TERIMA KASIH" Anda telah memasuki Website Media Suara Online Terkini "SOT Jepara" Sebelum anda membaca semua berita yang telah kami rangkum sebelumnya kami akan jelaskan mengenai SOT Jepara ok... Suara Online Terkini adalah Media Online yang mampu menampung berbagai macam berita diantaranya Seputar Nasional, Metropolitan, Daerah, Ekonomi, Bisnis, Internasional, Sosial, Budaya, Agama, Pendidikan, Politik, Hukum, Kesehatan dll kami terima kritik dan saran melalui kontak kami.atau Hub: 085-229-333-371 Pin BB:7473F04F.
Headlines News :
Home » » Mengenal Gunung Merapi

Mengenal Gunung Merapi

Written By Unknown on Kamis, 07 November 2013 | 08.21

Jogjakarta adalah bagian dari Gunung Merapi. Gunung berketinggian kurang lebih 9551 kaki ini penting bagi Jogja. Dari material yang Merapi keluarkan terbentuklah bentang lahan yang di atasnya berdiri segala hal tentang Jogja. Dari gumuk pasir, tugu, hingga Keraton Jogja di Al
un-Alun Utara.
Terbentuknya Gunung Merapi memiliki proses panjang. Menurut penelitian Barthomier dalam Etude Volcanologique du Merapi sebelum menjadi sekarang ini Merapi melewati empat fase pembentukan. Pertama, adalah fase Pra Merapi (+400.000 tahun lalu). Fase ini Merapi masih disebut sebagai gunung bibi yang magmanya tersusun atas batuan andesit. Fase berikutnya adalah Merapi Tua. Fase ini terbentuknya kerucut. Perkiraan waktu Barthomeir tentang fase ini sekitar 60000-8000 tahun yang lalu.
Kemudian Merapi memasuki fase Gunung Merapi Pertengahan sekitar 8000-2000 tahun yang lalu. Fase ini Merapi mengeluarkan lava andesitik, yaitu lava berkomposisi kimia magma yang dicirikan oleh kandungan senyawa silika SiO2 antara 50%-60%, atau sering disebut berkomposisi intermediate (menengah). Lava ini membentuk dua perbukitan atau lereng utara Merapi. Pada fase ini juga menjadi awal terbentuknya Pasar Bubrah.
Fase keempat adalah Merapi Muda, 2000 tahun hingga sekarang. Terbentuknya kerucut dan lereng-lereng di bagian utara-selatan selatan adalah bentang lahan merapi yang kita lihat sekarang.
Share this post :

Posting Komentar

 
Support : Creating Website | Maz Kizin | Redaksi
Copyright © 2014. Suara Online Terkini - All Rights Reserved
Template Created by SOT Jepara Published by Maz Kizin
Proudly powered by SOT Jepara