"TERIMA KASIH" Anda telah memasuki Website Media Suara Online Terkini "SOT Jepara" Sebelum anda membaca semua berita yang telah kami rangkum sebelumnya kami akan jelaskan mengenai SOT Jepara ok... Suara Online Terkini adalah Media Online yang mampu menampung berbagai macam berita diantaranya Seputar Nasional, Metropolitan, Daerah, Ekonomi, Bisnis, Internasional, Sosial, Budaya, Agama, Pendidikan, Politik, Hukum, Kesehatan dll kami terima kritik dan saran melalui kontak kami.atau Hub: 085-229-333-371 Pin BB:7473F04F.
Headlines News :
Home » » Pengobatan Alternatif yang Populer di Indonesia

Pengobatan Alternatif yang Populer di Indonesia

Written By Unknown on Sabtu, 09 November 2013 | 18.36

Indonesia kaya akan keanekaragaman hayati dan dari situlah banyak dimanfaatkan untuk pengobatan alternatif dalam me
melihara kesehatan. Pengobatan tersebut tentu menggunakan tanaman yang tersedia di alam.
"Tidak hanya Indonesia sebenarnya, tetapi pemanfaatan tanaman untuk pengobatan tradisional di Indonesia terbilang masih banyak yang percaya dan itu perlu dilestarikan," kata Kasubdit Bina Produksi dan Distribusi Obat-obatan dan tradisional Dra. Nadira Rahim, Apt. Mkes.
Selain dalam bentuk ramuan obat tradisonal ada beberapa jenis pelayanan kesehatan tradisional yaitu:
1. Jamu
Ramuan bahan alami ini bermanfaat memelihara kesehatan, meningkatkan nafsu makan, kecantikan, kegairahan dan bermanfaat untuk mencegah timbulnya berbagai penyakit.
"Jamu tidak menyembuhkan atau mengobati penyakit, tetapi untuk mencegah penyakit dan mempertahankan kesehatan," kata Kepala Unit Pengobatan Integratif, dr. Aldrin Nelwan, Sp.AK. MARS. , Mkes., MBiomed, ditulis Jumat (8/11/2013).
2. Gurah
Merupakan alternatif pengobatan tradisional dengan cara membersihkan dan mengeluarkan lendir yang kotor, beracun, dan mengandung berbagai kuman penyakit.
Cara yang digunakan dengan meneteskan cairan ramuan khusus larutan kulit pohon sengguguh ke dalam hidung.
Manfaat gurah yaitu membuat semua saraf tubuh bereaksi menekan, mendorong, dan mengeluarkan lendir kotor akibat debu, rokok, kopi dan alkohol sehingga saluran pernapasan, pencernaan dan peredaran darah akan beralih dan lancar.
3. Naturopathy
Pengobatan yabg menggunakan ramuan yang berasal dari China dan Indonesia dengan pemeriksaan denyut nadi, lidah, mata, dan kulit wajah dan pengobatannya tidak melalui operasi.
Ramuan naturopathy bermanfaat untuk mempertahankan kesehatan dengan menggunakan suplemen herbal dan dapat mengobati berbagai penyakit.
4. SPA (Sehat Pakai Air)
Perawatan menyeluruh untuk menyeimbangkan tubuh, pikiran, dan perasaan dengan menggunakan air yang diberi ramuan.
5. Ayuverda
Ilmu tentang kehidupan untuk mendiagnosis dan mengobati penyakit yang berbasis pada keseimbangan tubuh. Membagi tubuh berdasarkan udara, air, dan api seperti konsep yin dan yang.
Metode ini menekankan pada pentingnya gaya hidup sehat melalui pola makan vegetarian dan relaksasi serta menggunakan obat herbal.
6. TOGA (Tanaman Obat Keluarga)
Ramuan bisa diperoleh pada pengobatan tradisional ramuan tetapi dapat pula diupayakan sendiri dengan memanfaatkan ruang atau pekarangan rumah.
Tanaman obat yang biasa ditanam yaitu jahe, kunyit, temulawak, sirih, kumis kucing, daun dewa, kembang sepatu, dan jeruk nipis.
"Menurut data Riskedas 2010 sebanyak 55,3 persen penduduk Indonesia minum jamu dan 95,6 persennya mengakui itu bermanfaat. Maka lestarikan tanaman obat di Indonesia dan mafaatkan pengobatan tradisional yang memiliki STPT," ujar dra. Nadira.

Share this post :

Posting Komentar

 
Support : Creating Website | Maz Kizin | Redaksi
Copyright © 2014. Suara Online Terkini - All Rights Reserved
Template Created by SOT Jepara Published by Maz Kizin
Proudly powered by SOT Jepara