"TERIMA KASIH" Anda telah memasuki Website Media Suara Online Terkini "SOT Jepara" Sebelum anda membaca semua berita yang telah kami rangkum sebelumnya kami akan jelaskan mengenai SOT Jepara ok... Suara Online Terkini adalah Media Online yang mampu menampung berbagai macam berita diantaranya Seputar Nasional, Metropolitan, Daerah, Ekonomi, Bisnis, Internasional, Sosial, Budaya, Agama, Pendidikan, Politik, Hukum, Kesehatan dll kami terima kritik dan saran melalui kontak kami.atau Hub: 085-229-333-371 Pin BB:7473F04F.
Headlines News :
Home » » Dinas Kota Sukabumi mendukung tim museum alfath untuk melakukan observasi

Dinas Kota Sukabumi mendukung tim museum alfath untuk melakukan observasi

Written By suaraonline terkini on Sabtu, 18 Oktober 2014 | 19.37

SOT - Suaraonlineterkini.com - Sukabumi - Dinas pendidikan kota sukabumi jawa barat, akan mendukung tim museum alfath kota sukabumi  untuk melakukan observasi dan penelitian legenda cerita rakyat di kota sukabumi. Namun demikian tim ini  juga berharap untuk melakukan hal tersebut perlu adanya peran serta bantuan tenaga ahli sejarah dan penelitian dari pihak pemerintah dan badan arkeolog balai kepurbakaan provinsi jawa barat, untuk ikut mendukung dalam penelitian historigrafi situs situs di kota tersebut.

wacana diangkatnya sejarah akan kearifan local di kota sukabumi, oleh tim yang diberi nama nyukcruk galur mapay situs atau tim pencari informasi situs bersejarah kota sukabumi mulai dibahas pad sabtu pagi (18/10) dan digelar  dengan dinas pendidikan dan  kebudayaan kota  di balai kasepuhan pondok pesantren dzikir alfath kota sukabumi kecamatan gunung puyuh kota sukabumi jawa barat.  Dalam pertemuan tersebut , di bahas pula rencana  dan teknik pra penelitian seputar informasi dan legenda cerita rakyat  yang harus dilakukan oleh para peneliti   dengan mencari dan mewawancara warga serta tokoh masyarakat secara lan gsung ada tidaknya situs dan benda bersejarah di masin g-masing wilayahny6a.  sedangkan untuk tim yang telah dibentuk merupakan hasil kerja sama antara musium prabu siliwangi, dinas pendidikan dan kebudayaan,  serta persatuan wqartawan Indonesia cabang kota sukabumi. Penbelitian sendiri oleh tim dilakukan  selama satu tahun dan akan mengumpulkan data dan  informasi yang selanjutnya akan diserahkan kepada ketua tim untuk dilakukan pengkajian dan penelitian.

ketua tim pencari situs sejarah kota sukabumi Muhammad fajar laksana mengatakan. Tujuan dibentuk dan diadakanya tim pencari situs bersejarah sukabumi  yaitu untuk mengetahui data-data serta mengumpulkan informasi seputar nama dan tempat bersejarah yang ada dikota sukabumi,"ujarnya. fajar juga menjelaskan selain itu tujuan dsari penelitian dan pencareian data ini juga sebagai bentuk pelestarian serta untuk mengangkat kearifdan local dari  filosfi dan histori dari kota tersebut." teknis dari tim tersebut harus mencari nama dan filosofi suatau tempat kota dan hubunganya dengan kota lain  sebagai penopang pembangunan serta edukasi pengetahuan,"terang dia kepada wartawan.

Sedangkan menurut kepala seksi kebudayaan dinas pendidikan dan ke3budayaan kota sukabumi eri wigunawati mengatakan. pihaknya mendukung adanya tim pencarai informasi situs bersejarah di kota sukabumi,  pasalnya . selama ini masayarakat masih minim informasi dari situs sejarah di kota sukabumi,"terangnya. selain itu pihaknya juga apresiatif atas rencana tim yang akan melakukan observasi dan rencana pengumpulan data untuk dijadikan sebuah hasil karya sejarah sebagai jembatan informasi kepada masyarakat,"pungkasnya.

timpencarai situs sejarah dan histori nama tempat kota sukabumi, sudah berjalan sejah 26 september beberpa waktu lalu, dan sudah mengobservasi dua situs bersejarah yaitu patilasan pangeran sumedang raden hadi kusuma di kelurahan dayeuhluhur kota sukabumi jawa barat/ serta tempat mandi enyang dalem cikundul cianjur jawa barat/ di kelurahan cikundul kota sukabumi jawa barat.[Her].
Share this post :

Posting Komentar

 
Support : Creating Website | Maz Kizin | Redaksi
Copyright © 2014. Suara Online Terkini - All Rights Reserved
Template Created by SOT Jepara Published by Maz Kizin
Proudly powered by SOT Jepara