"TERIMA KASIH" Anda telah memasuki Website Media Suara Online Terkini "SOT Jepara" Sebelum anda membaca semua berita yang telah kami rangkum sebelumnya kami akan jelaskan mengenai SOT Jepara ok... Suara Online Terkini adalah Media Online yang mampu menampung berbagai macam berita diantaranya Seputar Nasional, Metropolitan, Daerah, Ekonomi, Bisnis, Internasional, Sosial, Budaya, Agama, Pendidikan, Politik, Hukum, Kesehatan dll kami terima kritik dan saran melalui kontak kami.atau Hub: 085-229-333-371 Pin BB:7473F04F.
Headlines News :
Home » » PKBI Jepara melatih Siswa menjadi peer education

PKBI Jepara melatih Siswa menjadi peer education

Written By suaraonline terkini on Jumat, 07 Maret 2014 | 08.01

SOT Jepara - Sebanyak 30 siswa dari SMK Az Zahra Mlonggo, MA Maftahul Falah Sinanggul, MA Al-Maarif Jepara dan SMK Bhakti Praja berkumpul di aula SMK Az Zahra Mlonggo, Kamis (6/3) pagi. Perkumpulan Keluarga Berencana Indonesia (PKBI) Cabang Jepara melatih mereka menjadi peer education, pendidik sebaya.


Kegiatan tersebut menurut Zuli Setyowati merupakan tindak lanjut dari kegiatan peer education yang dilaksanakan di PKBI Jepara, Januari lalu. Kegiatan itu jelas petugas lapangan proyek anak dan HIV/ AIDS Jepara untuk mendidik siswa menjadi pendidik sebaya. 
Kegiatan yang rencananya dilaksanakan setiap bulan itu siswa akan dibekali dengan beberapa materi diantaranya kesehatan reproduksi (kespro), bahaya pergaulan bebas dan narkotika.
Kepala SMK Az Zahra, Hasan Khaeroni yang diwakili Wahyu Winanti menyambut baik kegiatan tersebut. “Kami sangat menyambut baik kegiatan ini karena memberikan bekal kepada siswa agar tidak terjerumus kepada perbuatan negatif,” terang guru BK tersebut.
Perbuatan negatif yang ia maksud semisal free sex (pergaulan bebas). Dengan perbuatan itu, Wiwin sapaan akrabnya menegaskan akan merugikan dirinya sendiri dan keluarganya.
Keprihatinan yang dilontarkan Wahyu Winanti ada dasarnya. Sebab data yang disampaikan Nugroho Puji Triatmoko dari Komisi Penanggulangan HIV/ AIDS (KPA) sejak 1997-2013 ada 417 penderita yang terinfeksi HIV/ AIDS.   
Penderita terbanyak 242 adalah usia 26-40 tahun. Disusul usia 16-25 sebanyak 72, usia 41-60 sebanyak 71, 0-5 tahun 27 penderita dan 6-15 tahun 5 penderita.
Untuk itu agar remaja tidak terinveksi HIV/ AIDS Susanti dari Fatayat NU 2 Jepara menghimbau kepada peserta agar A, absen dari seks tidak berhubungan seks. “B, berlaku saling setia. C, cegah dengan kondom. D, dilarang menggunakan jarum suntik bergantian dan E, edukasi, pemberian edukasi,” ungkap Susanti.
Sebagai penanggung jawab kegiatan Refreshment for School: Proyek Anak dan HIV/ AIDS kabupaten Jepara Zuli menambahkan siswa diharapkan menjadi contoh baik untuk teman-temannya. Selain menjadi contoh, ia melanjutkan agar mereka menjadi penyambung lidah, penyampai informasi sehingga gunung es HIV/ AIDS bisa diminimalisasi. (Syaiful Mustaqim)
Share this post :

Posting Komentar

 
Support : Creating Website | Maz Kizin | Redaksi
Copyright © 2014. Suara Online Terkini - All Rights Reserved
Template Created by SOT Jepara Published by Maz Kizin
Proudly powered by SOT Jepara