"TERIMA KASIH" Anda telah memasuki Website Media Suara Online Terkini "SOT Jepara" Sebelum anda membaca semua berita yang telah kami rangkum sebelumnya kami akan jelaskan mengenai SOT Jepara ok... Suara Online Terkini adalah Media Online yang mampu menampung berbagai macam berita diantaranya Seputar Nasional, Metropolitan, Daerah, Ekonomi, Bisnis, Internasional, Sosial, Budaya, Agama, Pendidikan, Politik, Hukum, Kesehatan dll kami terima kritik dan saran melalui kontak kami.atau Hub: 085-229-333-371 Pin BB:7473F04F.
Headlines News :
Home » » Gerakan Tebar Ikan di Sungai “Upaya Kecukupan Protein Murah dan Lestari”

Gerakan Tebar Ikan di Sungai “Upaya Kecukupan Protein Murah dan Lestari”

Written By Unknown on Selasa, 24 Juni 2014 | 19.26

SOT Jepara - suaraonlineterkini.com - Potensi air yang melimpah di sungai dan di beberapa wilayah kecamatan sangat sayang bila tidak dimanfaatkan. Berawal dari pemikiran serta permintaan masyarakat melalui para Camat, maka lahirlah gagasan untuk menebar bibit ikan di sungai-sungai. Harapannya kedepan dapat berkembang biak dan dapat memenuhi kebutuhan protein tanpa harus beli dan berkesinambungan hingga anak cucu. Dengan catatan kedepan boleh mengambil asal tidak mengunakan obat-obatan, stroom maupun racun. Harapan inilah kiranya yang diinginkan bersama adanya kegiatan tebar ikan di sungai. Gerakan yang digalakkan oleh Pemkab Jepara dengan melibatkan para Camat dan Petinggi serata msayarakat di sekitar sungai ini telah dilakukan beberap kali. Sebagaimana yang baru saqja dilakukan Wakil Bupati bersama Komandan Kodim 0719 beberapa waktu lalu. (23/06 2014)

Drs. Subroto SE MM bersama Letkol Inf. DK Subandi, Camat Keling, pejabat Dinas perikanan dan masyarakat bersama-sama dan secara berturut-turut menebar benih ikan di sungai (kali) Kebo Desa Klepu,  kali Bolo Desa Damnarwulan serta Kali Duren Desa Tempur. Masing-masing ditebar 5.000 bibit ikan. Adapun bibit ikan sendiri disediakan oleh Dinas Perikanan dan Kelautan secara gratis. Dengan harapan kedepan masyarakat tidak hanya tercukupi asupan karbohidat saja tetapi juga protein sebagai sumber pemacu kecerdasan anak. Restoking ini adalah amanah dan akan terus dilakukan secara berkala di beberapa sungai di wilayah kabupaten Jepara yang memungkinkan. Sehingga dalam kurun waktu tidak lama diharapkan mampu berkembang biak dan dapat diambil manfaatnya.

Wabup, dalam hal ini memang sangat menekankan pentingnya kecukupan karbohidart, protein dan vitamin. Terkait hal inilah pemanfaatan pekarangan dengan berbagai tanaman sangat ditekankan dan untuk itu pihaknya juga menyediakan bibit tanaman maupun buah-buah-an. Sebelumnya untuk mencukupi kebutuhan vitamin juga dicanangkan penanman turus jalan dengan tanaman buah-buahan agar dapat dipetik manfaatnya disamping fungsi penghijauan. Semua kebutuhan  tersebut sebenarnya dapat terpenuhi manakala ada kemauan untuk memanfaatkan dan melestarikan alam dan lingkungan meski hanya sejengkal. Khusus diperkotaan bisa memanfaatkan tanaman dalam pot maupun kaleng bekas, tegasnya !.

Sementara Komandan Kodim 0719 sangat antusias dan mendukung sepenuhnya upaya penyelamatan dan pelestarian alam. Khusus dalam hal ini pihkanya beserta jajarannya jauh-jauh hari telah mempelopori adanya gerakan Jum’at Bersih, Sabtu Hijau dan Minggu Sehat. Intinya semua kegiatan tersebut saling terkait dan mendukung dalam upaya menciptakan kebersihan, keindahan serta pelestarian alam sebagaimana yang di harapkan pemkab Jepara. Pihkanya sangat berharap melalui kegiatan mulia ini masyarakat sadar sepenuhnya akan pentingnya penghijauan dan kelestarian alam untuk anak cucu mendatang. Sehingga pada akhirnya dapat bersama-sama menjaga, merawat dan memanfaatkan lingkungan alam dengan sebaik-baiknya. [SB]
Share this post :

Posting Komentar

 
Support : Creating Website | Maz Kizin | Redaksi
Copyright © 2014. Suara Online Terkini - All Rights Reserved
Template Created by SOT Jepara Published by Maz Kizin
Proudly powered by SOT Jepara