"TERIMA KASIH" Anda telah memasuki Website Media Suara Online Terkini "SOT Jepara" Sebelum anda membaca semua berita yang telah kami rangkum sebelumnya kami akan jelaskan mengenai SOT Jepara ok... Suara Online Terkini adalah Media Online yang mampu menampung berbagai macam berita diantaranya Seputar Nasional, Metropolitan, Daerah, Ekonomi, Bisnis, Internasional, Sosial, Budaya, Agama, Pendidikan, Politik, Hukum, Kesehatan dll kami terima kritik dan saran melalui kontak kami.atau Hub: 085-229-333-371 Pin BB:7473F04F.
Headlines News :
Home » » Tradisi Ritual sebelum Panen Padi yang dilakukan Masyrakat Jepara

Tradisi Ritual sebelum Panen Padi yang dilakukan Masyrakat Jepara

Written By Unknown on Rabu, 15 April 2015 | 06.47

JEPARA - suaraonlineterkini.com - Setiap kali panen raya di berbagai daerah pasti punya tradisi berbeda beda, seperti isltilah "metil" atau dalam bahasa indonesia mempunyai arti memetik sebagian tanaman padi, adalah istilah yang sering kita dengar di daerah Jepara.

Metil biasanya dilakukan seminggu sebelum kegiatan panen padi, istilah ini sudah sejak jaman nenek moyang kita, entah sudah berapa ratus tahun yang lalu.

Tujuan utama dari kegiatan ini adalah sebagai bentuk rasa syukur terhadap Tuhan YME, atas limpahan rezeki berupa melimpahnya hasil tanam petani.

Lain halnya dengan istilah metil, setiap kali panen raya juga diiringi dengan kegiatan ngasak.

Istilah ngasak berasal dari kata nge-Sak ( memasukkan padi kedalam karung sak ) biasanya kegiatan seperti ini dilakukan oleh ibu ibu di wilayah Jepara khususnya bagian utara.

Setiap ada panen padi petani pasti ada ibu ibu yang mengerumuni Pekerja laki laki yang Ngedos ( kegiatan mengelupas padi dari pohonnya ) dengan menggubakan mesin maupun manual.

Ibu ibu ini membawa peralatan tongkat kecil dan juga karung sak untuk menggebug gebug sisa sisa tananan pasi setelah di dos.

Satu rombongan ibu ibu ini bisa mencapai 10 sampai 20-an orang untuk setiap tanaman yang dipanen dengan luas sekitar 2000-an m2 dan mereka dalam satu hari bisa mendapatkan satu karung sak gabah basah hasil mereka.

Kegiatan tersebut baru baru ini diliput SOT disela sela kegiatan panen padi milik Ridwan di wilayah Sekitar Pltu Tanjung Jati B Jepara. Kegiatan seperti ini akan terus terjaga turun temurun setiap kali panen raya. [Zd/r].
Share this post :

Posting Komentar

 
Support : Creating Website | Maz Kizin | Redaksi
Copyright © 2014. Suara Online Terkini - All Rights Reserved
Template Created by SOT Jepara Published by Maz Kizin
Proudly powered by SOT Jepara