"TERIMA KASIH" Anda telah memasuki Website Media Suara Online Terkini "SOT Jepara" Sebelum anda membaca semua berita yang telah kami rangkum sebelumnya kami akan jelaskan mengenai SOT Jepara ok... Suara Online Terkini adalah Media Online yang mampu menampung berbagai macam berita diantaranya Seputar Nasional, Metropolitan, Daerah, Ekonomi, Bisnis, Internasional, Sosial, Budaya, Agama, Pendidikan, Politik, Hukum, Kesehatan dll kami terima kritik dan saran melalui kontak kami.atau Hub: 085-229-333-371 Pin BB:7473F04F.
Headlines News :
Home » » Resah Budaya Batealit Punah

Resah Budaya Batealit Punah

Written By Unknown on Rabu, 12 Oktober 2016 | 20.55

Kegiatan TMMD kodim 0719 Jepara
JEPARA - suaraonlineterkini.com - Pandangan adanya pendapat bahwa saat ini generasi Jepara telah mengalami keresahan dan kegamangankiranya benar adanya.  Sebab dahulu di Jepara terutama kecamatan Batealitpernah menjadi salah satu sentra kaum budayawan, akan tetapi hal tersebut sudah terdegradasi oleh pengaruh budayadari luar yang telah mengancam budayawan lokal utamanya budaya kejawen asli itu sendiri. 

Saking banyaknya pihak yang mempertanyakan mengapa kesenian Jepara asli, seperti Kentrung dan Limbuk tidak di munculkan kembali?Masalah kebudayaan adalah masalah bagaimana cara pandang terhadap jenis kebudayaan oleh masyarakat itu sendiri. Jika masyarakat Jepara sudah menganggap kebudayaan asli lebih rendah nilainya di banding budaya baru maka ini adalah awal hancurnya kebudayaan asli yang lebih lama ada sebelum budaya luar datang. 

“Kalau masyarakat Jepara aja sudah menganggap kentrung dan limbuklebih rendah mutunya dibanding group banddari tari-tari modern, maka tidak lama lagi kesenian itu akan pelan-pelan hilang juga akan punah,” ungkap Khoerul Anam. Jadi solusi yang harus ditempuh untuk menanggulangi kepunahanbudaya asli itu maka pada acara penutupan TMMD Reg Ke 97 rencananya akan di tampilkan kembali demi mengubah serta memperbaiki anggapan masyarakatnya soal budaya asli tersebut. (Pendim 0719/Jepara)

Share this post :

Posting Komentar

 
Support : Creating Website | Maz Kizin | Redaksi
Copyright © 2014. Suara Online Terkini - All Rights Reserved
Template Created by SOT Jepara Published by Maz Kizin
Proudly powered by SOT Jepara