"TERIMA KASIH" Anda telah memasuki Website Media Suara Online Terkini "SOT Jepara" Sebelum anda membaca semua berita yang telah kami rangkum sebelumnya kami akan jelaskan mengenai SOT Jepara ok... Suara Online Terkini adalah Media Online yang mampu menampung berbagai macam berita diantaranya Seputar Nasional, Metropolitan, Daerah, Ekonomi, Bisnis, Internasional, Sosial, Budaya, Agama, Pendidikan, Politik, Hukum, Kesehatan dll kami terima kritik dan saran melalui kontak kami.atau Hub: 085-229-333-371 Pin BB:7473F04F.
Headlines News :
Home » » Raung dan Umba mendaftarkan harta kekayaan alam Indonesia ke KPK

Raung dan Umba mendaftarkan harta kekayaan alam Indonesia ke KPK

Written By suaraonline terkini on Jumat, 06 Juni 2014 | 14.09

SOT Jepara - Jakarta - Greenpeace - Bertepatan dengan Hari Lingkungan Hidup Sedunia, aktivis Greenpeace mengadakan aksi damai di gedung kantor Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK).

Greenpeace menyerukan dan mengajak pemerintahan mendatang untuk melindungi, menjaga, dan menyelamatkan kekayaan alam Indonesia serta keanekaragaman hayati yang terkandung di dalamnya.

Aksi damai ini dilakukan dengan simbolik mengantarkan Raung dan Umba, ‘Calon Presiden dan Wakil Presiden Lingkungan’ melaporkan harta kekayaan alam Indonesia ke Komisi Pemberantasan Korupsi—sebagai   salah satu persyaratan dalam proses pemilihan presiden Indonesia 2014—dan memastikan bahwa proses pembangunan 5 tahun ke depan tidak membuat kekayaan tersebut hilang, rusak, atau berkurang.

“Praktek korupsi berakibat pada buruknya pengelolaan Sumber Daya Alam lantaran ekspolitasi yang tidak bertanggung jawab. Kami mendesak agar penegakan hukum dengan pendekatan terpadu[i] antara KPK, Kementerian, dan lembaga pemerintahan lainnya benar-benar dilaksanakan,” ujar Hindun Mulaika, Jurukampanye Greenpeace Indonesia di tengah aksi di KPK, Kamis (05/06).

Kekayaan alam Indonesia mencakup 8157 spesies fauna atau mencakup 10 % dari keberagaman spesies di dunia, serta 15,5% dari total jumlah tumbuh-tumbuhan yang ada di dunia. Potensi Sumber Daya Ikan (SDI) Indonesia mencapai 6,52 juta ton pertahun dengan luas terumbu karang di luatan Indonesia mencapai 50.875 km2 atau 18% dari total luas terumbu karang dunia, juga memiliki padang lamun hingga 30.000 km2.

Indonesia juga termasuk 10 negara dengan potensi ketersediaan air tertinggi di dunia mencapai 694 miliar m3/ tahun dan memiliki ketersediaan air rata-rata per kapita/ tahun yang lebih besar dari rata-rata di dunia yakni mencapai 16.800 m3 per kapita/ tahun, yang diantaranya mengaliri lebih dari 5.590 sungai di seluruh Indonesia.

Indonesia yang terletak di khatulistiwa juga dapat memanen sinar matahari sepanjang tahun sehingga menghasilkan 4,80 kWh/ m2/ hari, dan potensi energi angin 3-6 m/ det. Selain itu energi dari mikrohidro juga berpotensi menghasilkan 450 MW.

Kekayaan energi tersebut belum memasukan potensi energi panas bumi sebagai salah satu yang terbesar di dunia dengan perkiraan 296 titik potensi panas bumi di seluruh Indonesia dan dapat menghasilkan energi 29.038 Gw.

Sementara dari sektor kehutanan tercatat luas hutan Indonesia yang tadinya mencapai 132,54 juta hektar, tersisa 94,34 juta hektar pada 2012, dan luas lahan gambut yang tadinya 21,53 juta hektar hanya tersisa 10,82 juta hektar sampai dengan 2011.

“Indonesia bisa meningkatkan pertumbuhan perekonomian tanpa harus merusak kekayaan alam yang tersisa karena tidak akan ada pertumbuhan ekonomi yang berkelanjutan jika lingkungan hancur. Greenpeace menantang calon Presiden Indonesia untuk 100% berkomitmen terhadap nol deforestasi, nol pembuangan bahan kimia berbahaya, revolusi energi bersih dan terbarukan dan laut sehat dan terlindungi.” tukas Hindun. [zamzami].
Share this post :

Posting Komentar

 
Support : Creating Website | Maz Kizin | Redaksi
Copyright © 2014. Suara Online Terkini - All Rights Reserved
Template Created by SOT Jepara Published by Maz Kizin
Proudly powered by SOT Jepara