"TERIMA KASIH" Anda telah memasuki Website Media Suara Online Terkini "SOT Jepara" Sebelum anda membaca semua berita yang telah kami rangkum sebelumnya kami akan jelaskan mengenai SOT Jepara ok... Suara Online Terkini adalah Media Online yang mampu menampung berbagai macam berita diantaranya Seputar Nasional, Metropolitan, Daerah, Ekonomi, Bisnis, Internasional, Sosial, Budaya, Agama, Pendidikan, Politik, Hukum, Kesehatan dll kami terima kritik dan saran melalui kontak kami.atau Hub: 085-229-333-371 Pin BB:7473F04F.
Headlines News :
Home » » Bayi 6 Bulan Bisa Prediksi Apakah di Usia 3 Tahun Dia Jago Matematika

Bayi 6 Bulan Bisa Prediksi Apakah di Usia 3 Tahun Dia Jago Matematika

Written By suaraonline terkini on Rabu, 23 Oktober 2013 | 06.55

Bayi 6 Bulan Bisa Prediksi Apakah di Usia 3 Tahun Dia Jago Matematika

Beberapa orang terlihat 'berbakat' matematika dan beberapa lainnya 'berbakat' saat mempelajari bahasa. Nah, studi terbaru menemukan bahwa kemampuan matematika bocah 3 tahun bisa dilihat sejak yang bersangkutan masih berusia 6 bulan.

Para peneliti mengamati 'kepekaan primitif terhadap angka' yang dimiliki bayi 6 bulan. Peneliti melihat seberapa baik para bayi itu membedakan item-item dengan kelompok angka yang berbeda. Ditengarai kemampuan ini bisa memperlihatkan kemampuan mereka belajar matematika. Demikian dilaporkan Discovery News dan dikutip detikHealth dari Ani News, Selasa (22/10/2013).

Peneliti yang terlibat dalam studi tersebut, Elizabeth Brannon, yang merupakan profesor psikologi dan ilmu saraf di Duke University di North Carolina, dan timnya menciptakan jenis tes matematika untuk bayi. Tes ini memungkinkan peneliti untuk memberi skor atas 'kepekaan primitif bayi terhadap angka'.

Dalam tes, serangkaian pola hitam putih yang terbuat dari sejumlah titik berkedip di dua layar di depan bayi . Satu-satunya perbedaan adalah bahwa salah satunya selalu menunjukkan pola yang terbuat dari jumlah titik yang sama, meskipun ukuran dan pengaturan titiknya berubah. Sedangkan di layar satunya, jumlah titik yang membentuk pola mengalami perubahan, bertambah maupun berkurang.

Nah, dengan tes ini, seorang bayi dengan kepekaan angka yang kuat akan melihat ke layar dengan jumlah titik yang berubah. Dia juga akan cenderung melihat layar tersebut dalam waktu yang cukup lama.

Dengan menggunakan metode ini, Brannon dan timnya menguji kepekaan angka 48 bayi berusia 6 bulan. Kemudian mereka menindaklanjuti penelitian ini saat anak-anak tersebut berusia 3,5 tahun. Di mana anak-anak tersebut diminta melakukan sejumlah tes matematika untuk mencari tahu seberapa baik mereka mengenal angka. Anak dengan kepekaan angka yang kuat saat bayi ternyata memiliki hasil tes matematika yang lebih baik.

Share this post :

Posting Komentar

 
Support : Creating Website | Maz Kizin | Redaksi
Copyright © 2014. Suara Online Terkini - All Rights Reserved
Template Created by SOT Jepara Published by Maz Kizin
Proudly powered by SOT Jepara