"TERIMA KASIH" Anda telah memasuki Website Media Suara Online Terkini "SOT Jepara" Sebelum anda membaca semua berita yang telah kami rangkum sebelumnya kami akan jelaskan mengenai SOT Jepara ok... Suara Online Terkini adalah Media Online yang mampu menampung berbagai macam berita diantaranya Seputar Nasional, Metropolitan, Daerah, Ekonomi, Bisnis, Internasional, Sosial, Budaya, Agama, Pendidikan, Politik, Hukum, Kesehatan dll kami terima kritik dan saran melalui kontak kami.atau Hub: 085-229-333-371 Pin BB:7473F04F.
Headlines News :
Home » » Karanggondang Kawasan Budidaya Pertanian Organik Terpadu

Karanggondang Kawasan Budidaya Pertanian Organik Terpadu

Written By Unknown on Rabu, 05 Maret 2014 | 21.19

SOT Jepara - Keberadaan kawasan Budidaya Pertanian Organik Terpadu yang ada di RW 7 Kedung Mulyo Desa Karanggondang akan menjadi ikon baru Desa tersebut dan menjadi sentral (pusat) kelola lima potensi besar perekonomian Desa Karanggondang, kelima potensi tersebut meliputi Pertanian, Peternakan, Perikanan, UMKM dan Pariwisata. Hal tersebut diungkapkan Kamituwo RW 7 Desa Karanggondang Bapak Asan disela-sela kesibukannya dibalai Desa Karanggondang.

“Mewujudkan Karanggondang sebagai Desa Organik terpadu yang mandiri” Setidaknya itulah yang menjadi harapan bagi seluruh masyarakat Desa Karanggondang Kecamatan Mlonggo Kabupaten Jepara pada umumnya, tak terkecuali Bapak Sulkan Petinggi Desa Karanggondang Terpilih saat ini. Dan hal tersebut telah dibahas lama oleh pemerintah Desa Karanggondang.

Ide tersebut muncul dari Rencana Penataan Lingkungan prioritas (RPLP) kemudian menjadi Rencana Tindak Lanjut Penataan Lingkungan prioritas (RTPLP), kawasan tersebut akan menjadi kawasan prioritas. Pendanaannya berasal dari PNPM dengan nama program ND ( Noto Deso). di dalam kawasan tersebut di bangun Green House dan Kandang Kompos Komunal dengan produk yang dihasilkan berupa pupuk kompos dan pupuk organik.

Pembangunan Kawasan tersebut diambil dari angaran PNPM dengan program ND (Noto Deso) tersebut menghabiskan dana 1 milyar, angaran dana tersebut meliputi Perencanaan dan pemasaran sebesar 250 juta, sedangkan  pembangunanya 750 juta.

Pembangunan Kawasan tersebut telah direncanakan sejak tahun 2012 sedangkan untuk pembangunan fisik berupa Gapura masuk kawasan Budidaya Pertanian Organik Terpadu baru selesai minggu ini, kemudian untuk Green Housenya saat ini belum difungsikan, ketika di tanya SOT Jepara soal kapan kawasan tersebut akan difungsikan, Pihak Pemerintah Desa Karanggondang dalam hal ini Kamituwo beserta bapak Carik dan Bapak Harun Al Rasyid yang juga sebagai koordiator  bkm mengatakan pihaknya berupaya segera mungkin untuk mengfungsikan kawasan tersebut, namun untuk kegiatan di masyarakat untuk saat ini sudah berjalan.

Tujuan dibangunnya kawasan tersebut nantinya seluruh lapisan masyarakat Desa Karanggondang mengikuti program-program yang disiapkan oleh pemerintah Desa. Dimana kawasan tersebut akan menjadi sentral yang menghasilkan produk produk organik khusunya, yang mana produk tersebut dipasarkan tidak hanya diwilayah Jepara namun juga daerah lain di Indonesia, dan Karanggondang akan menjadi Desa percontohan di kabupaten Jepara. (Zudi R.)
Share this post :

Posting Komentar

 
Support : Creating Website | Maz Kizin | Redaksi
Copyright © 2014. Suara Online Terkini - All Rights Reserved
Template Created by SOT Jepara Published by Maz Kizin
Proudly powered by SOT Jepara