"TERIMA KASIH" Anda telah memasuki Website Media Suara Online Terkini "SOT Jepara" Sebelum anda membaca semua berita yang telah kami rangkum sebelumnya kami akan jelaskan mengenai SOT Jepara ok... Suara Online Terkini adalah Media Online yang mampu menampung berbagai macam berita diantaranya Seputar Nasional, Metropolitan, Daerah, Ekonomi, Bisnis, Internasional, Sosial, Budaya, Agama, Pendidikan, Politik, Hukum, Kesehatan dll kami terima kritik dan saran melalui kontak kami.atau Hub: 085-229-333-371 Pin BB:7473F04F.
Headlines News :
Home » » Taukah anda? Merokok dapat merugikan Kesehatan

Taukah anda? Merokok dapat merugikan Kesehatan

Written By suaraonline terkini on Jumat, 04 April 2014 | 08.23

Merokok dapat membunuh
SOT Jepara - Akhir- akhir ini peringatan bahaya merokok terpampang dimana-mana, tetapi dengan adanya peringatan seperti itu apakah orang akan berfikir untuk berhenti merokok? Bahaya merokok pada kesehatan memang sangat banyak sekali, pada bungkusnya saja sudah tertera dengan jelas berbagai penyakit berbahaya yang dapat di sebabkan oleh sebatang rokok.

Merokok Menyebabkan Penyakit Kardiovaskular
Penyakit kardiovaskular merupakan sebuah penyakit yang menyebabkan kelainan pada jantung dan pembuluh darah manusia. Perlu diketahui penyakit jantung adalah penyebab utama kematian akibat merokok. Merokok selama bertahun tahun akan menyebabkan pengerasan pembuluh darah, hal ini di sebabkan oleh kolesterol dan lemak yang tertimbun di arteri karena zat nikotin yang ada pada rokok.
Seperti halnya bahaya narkoba, Merokok dapat mempercepat proses pengerasan dan penyempitan di arteri dan menyebabkan pembekuan darah potensinya 2 sampai 4 kali lipat dari non perokok. Penyakit Kardiovaskular dapat terjadi dari berbagai jenis tergantung dari arteri yang terkena sumbatan. Secara umum ada beberapa potensi penyakit yang terkena yaitu:

•    Pembekuan darah di jantung dan otak yang menyebabkan kematian mendadak
•    Trombosis koroner, yang menyebabkan serangan jantung. Sekitar 30 persen disebabkan oleh merokok.
•    Trombosis otak, hal ini menyebabkan stroke dan kelumpuhan bahkan demensia.
•    Tekanan darah tinggi atau gagal ginjal.

Merokok Dapat Menyebabkan Kanker
Bahaya rokok untuk kesehatan adalah menyebabkan kanker, ada banyak penyakit kanker yang disebabkan oleh rokok. Tentu salah satunya adalah kanker paru paru, 90% dari pasien kanker paru paru disebabkan karena merokok. Selain itu perokok juga berpotensi memiliki resiko lebih tinggi terhadap kanker berikut ini :
•    Kanker kandung kemih
•    Kanker ginjal
•    Kanker faring dan laring (kanker tenggorokan)
•    Kanker mulut
•    Kanker kerongkongan
•    Kanker pankreas
•    Kanker perut
•    Beberapa jenis leukemia
•    Kanker hidung dan sinus
•    Kanker serviks
•    Kanker usus
•    Kanker ovarium
•    Kanker payudara

Bahaya merokok bagi tubuh manusia memang sangat mengerikan, begitu banyak penyakit kanker yang disebabkan oleh merokok dan hanya karena sebatang rokok. Jadi belajar cara berhenti merokok memang salah satu cara agar terbebas dari rokok yang berbahaya.

Merokok Menyebabkan Gangguan Kehamilan
Kehamilan memang sangat berharga, banyak yang mencari cara cepat hamil agar mendapat momongan namun banyak pula yang membahayakannya dengan merokok setiap hari. Sungguh sangat disayangkan karena merokok dapat mengganggu janin dan rahim bagi Ibu yang menghisapnya.
Bahaya Merokok Bagi Tubuh

Masih ada banyak bahaya merokok bagi tubuh manusia dan sangat berpengaruh negatif terhadap kesehatan tubuh.
1.    Merokok mengurangi kesuburan pasangan suami istri.
2.    Merokok dapat menyebabkan tekanan darah tinggi.
3.    Merokok dapat menyebabkan asma akut.
4.    Asap rokok dapat menyebabkan iritasi mata dan membuat merah mata.
5.    Perokok dapat meningkatkan risiko katarak .
6.    Merokok menyebabkan noda dan membuat gigi kuning.
7.    Merokok meningkatkan risiko penyakit periodontal , yang menyebabkan gusi bengkak , bau mulut dan gigi rontok .
8.    Perokok dapat meningkatkan keriput dan cepat tua.

Merokok dapat menyebabkan impoten
Salah satu penyakit yang paling ditakutkan oleh kaum adam adalah impoten, perokok cendrung memiliki potensi terkena penyakit ini lebih tinggi dibandingkan dengan non perokok. Bagi pria antara umur 30-40-an dapat meningkatkan disfungsi ereksi lebih dari 50 %.

Bahaya Merokok Bagi Pengguna Pasif
Hal ini sangat menyedihkan, karena terkait jiwa sosial seseorang. Merokok dapat membahayakan orang disekitarnya yang menghirup asap rokok tersebut. Perokok pasif konon katanya bahkan lebih berbahaya di bandingkan dengan perokok aktif. Jadi sangat disayangkan jika seorang perokok selain membahayakan dirinya sendiri juga membahayakan orang lain. Bahkan orang disekitar yang dicintainya. Mengingat bahaya merokok ini sangat banyak, coba lah berhenti merokok dan terapkan pola hidup sehat yang bermanfaat bagi diri sendiri dan orang lain. (Red)
Share this post :

Posting Komentar

 
Support : Creating Website | Maz Kizin | Redaksi
Copyright © 2014. Suara Online Terkini - All Rights Reserved
Template Created by SOT Jepara Published by Maz Kizin
Proudly powered by SOT Jepara