"TERIMA KASIH" Anda telah memasuki Website Media Suara Online Terkini "SOT Jepara" Sebelum anda membaca semua berita yang telah kami rangkum sebelumnya kami akan jelaskan mengenai SOT Jepara ok... Suara Online Terkini adalah Media Online yang mampu menampung berbagai macam berita diantaranya Seputar Nasional, Metropolitan, Daerah, Ekonomi, Bisnis, Internasional, Sosial, Budaya, Agama, Pendidikan, Politik, Hukum, Kesehatan dll kami terima kritik dan saran melalui kontak kami.atau Hub: 085-229-333-371 Pin BB:7473F04F.
Headlines News :
Home » » Pantai “Kura-Kura” Kartini di Laut Jepara

Pantai “Kura-Kura” Kartini di Laut Jepara

Written By Unknown on Jumat, 22 November 2013 | 21.28

Tempat wajib yang harus dikunjungi di Kabupaten Jepara adalah wisata pantainya. Sepanjang kabupaten Jepara, membentang tepi pantai yang sangat panjang, dimulai dari Demak ke utara hingga bertemu dengan Pati. Beberapa khas wisata pantai sudah dikupas pada tulisan sebelumnya, seperti Wisata Kuliner Pantai Empu Rancak dan Melihat Sunset di Pantai Bondo. Sementara di ujung Jepara ada wisata Benteng Portugis yang berada tepat di tepi laut.


Kura-Kura Ocean Pantai Kartini Jepara
Berpetualang di Jepara memang tidak puas kalau belum menikmati ramainya salah satu pantai ini, yaa pantai “Kura-Kura” Kartini. Orang biasanya menyebutnya dengan Panta Kartini. Walaupun sebenarnya pantai Kartini ada 2, salah satunya berada di Rembang. Di Rembang disebut Taman Rekreasi Pantai Kartini yang sekarang namanya diganti menjadi Pantai Dampo Awang (untuk membedakan Pantai Kartini dengan nama yang sama). Kembali ke pantai Kartini Jepara, menyebutnya dengan penambahan kura-kura karena memang terdapat sebuah kura-kura berukuran raksasa yang ada di tepi pantai Kartini ini.
Pantai Kartini terletak di sebelah barat kota Jepara sekitar 10 menit perjalanan kalau dimulai dari tugu Kartini yang ada di Jalan Pemuda. Jika mulai dari Kota Semarang perjalanan ke Jepara sendiri memakan waktu sekitar 2 jam dengan kecepatan normal. Pantai ini bersebelahan dengan pelabuhan Kabupaten Jepara, jadi Petualang perlu menelisik dimana pintu masuk ke arah pantai. Untuk harga tiket sendiri sekitar Rp. 3.000,-/ orang belum termasuk biaya parkir kendaraan.
Dari pintu masuk ini Petualang akan melewati jalan paving block dimana disebelah tepinya terdapat kios-kios makanan dan souvenir khas pantai. Kios suovenir menjajakan beberapa kerajinan tangan yang terbuat dari kerang dan keong. wisata kerang Jepara. Seperti biasanya dimana kios-kios menyediakan souvenir yang berupa kaos khas tempat tersebut, termasuk di pantai Kartini Jepara juga menyediakan kaos-kaos beraneka macam.
Dibagian dalam sendiri (depan pantai) terdapat juga homestay dan penginapan TIPS memilih Hotel yang disediakan oleh masyarakat lokal sebagai fasilitas tambahan yang memudahkan Petualang jika ingin menginap dan masih berpetualang di Pulau Panjang. Sekedar informasi saja, untuk melakukan petualangan ke Pulau Panjang yang ada disebelah utara pantai Kartini, Petualang cukup memesan kapal kayu bermesin diesel yang ada di dekat pantai. Untuk sekali perjalanan perorang diharuskan membayar sewa sekitar Rp. 12.000.- atau mau carter bisa dengan biaya sekitar Rp.150.000 s/d Rp.200.000,- (next post at Pulau Panjang).
Selain menjadi pintu menuju ke Pulau Karimunjawa dan P
ulau Panjang, di pantai Kartini juga menyediakan beberapa fasilitas lain yang bisa dinikmati seperti taman bermain yang terletak di depan kios souvenir. Atau dermaga pandang yang berada di dekat Kura-kura ocean Park. Kura-Kura Raksasa ini merupakan aquarium yang menyajikan beberapa jenis ikan dan beberapa hewan yang berasal dari laut. Didalamnya terdapat beberapa aquarium mini kotak dengan ratusan jenis ikan dan hewan laut. Tiket masuk ke Kura-kura Ocean Park hanya sekitar Rp. 7.000,- plus mendapatkan sedikit coklat gratis.
Di Pantai ini memang sedikit ada pertanyaan, bagaimana cara menikmati pasir dan laut dengan kaki telanjang? Sementara di pantai Kartini ini hampir seluruhnya telah di bangun pembatas tepi pantai, sehingga tidak lagi terdapat pantai landai seperti pada umumnya. Namun jangan kecewa, untuk merasakan deburan ombak di pantai Kartini bisa melakukan penjelajahan sedikit ke arah utara Kura-Kura Ocean Park. Disana masih terdapat pantai yang bisa menikmati pasir dengan kaki terbuka. Disana juga tersedia kolam bilas untuk mandi dan ganti pakaian.
Kura-kura raksasa yang ada di pinggir pantai tersebut sebenarnya sebuah aquarium beraneka macam ikan dan hewan laut yang menempati pada kotak-kota aquarium didalamnya. Ukuran tiap aquarium tidak begitu besar, karena memang tidak banyak koleksi ikan besar yang ada di Kura-kura Ocean Park. Pada bagian tengah aquarium terdapat segmen “misteri bawah laut” yang berbentuk seperti tapal sepatu kuda. Di sini berisi koleksi ikan yang hidup diperairan dalam, baik ikan kecil dan ikan dengan ukuran sedang. Termasuk penyu dan lainnya.





Share this post :

Posting Komentar

 
Support : Creating Website | Maz Kizin | Redaksi
Copyright © 2014. Suara Online Terkini - All Rights Reserved
Template Created by SOT Jepara Published by Maz Kizin
Proudly powered by SOT Jepara