"TERIMA KASIH" Anda telah memasuki Website Media Suara Online Terkini "SOT Jepara" Sebelum anda membaca semua berita yang telah kami rangkum sebelumnya kami akan jelaskan mengenai SOT Jepara ok... Suara Online Terkini adalah Media Online yang mampu menampung berbagai macam berita diantaranya Seputar Nasional, Metropolitan, Daerah, Ekonomi, Bisnis, Internasional, Sosial, Budaya, Agama, Pendidikan, Politik, Hukum, Kesehatan dll kami terima kritik dan saran melalui kontak kami.atau Hub: 085-229-333-371 Pin BB:7473F04F.
Headlines News :
Home » » Hari Buruh Nasional Sedunia untuk memperjuangkan nasib kaum Buruh

Hari Buruh Nasional Sedunia untuk memperjuangkan nasib kaum Buruh

Written By suaraonline terkini on Kamis, 01 Mei 2014 | 09.48

SOT Jepara - Kini saat nya para buruh nasional seluruh dunia memperjuangkan hak-haknya, bertepatan tanggal 1 Mei 2014 buruh seluruh dunia memperingati Hari Buruh Nasional dengan kata lain May Day. Peringatan hari buruh dimaksudkan sebagai upaya perjuangan sekaligus perayaan keberhasilan ekonomi para pekerja di seluruh dunia, sebenarnya peringatan ini sudah ada pada jaman dahulu sejak Indonesia belum merdeka tahun 1920 di mana saat itu wilayah Indonesia masih berada di dalam kekuasaan pemerintah kolonial Hindia Belanda.

Bagaimana hari buruh nasional atau yang dikenal dengan sebutan  May Day lahir pada 1 Mei,  dari berbagai rentetan perjuangan kelas pekerja untuk meraih kendali ekonomi-politis hak-hak industrial. Perkembangan kapitalisme industri di awal abad 19 menandakan perubahan drastis ekonomi-politik, terutama di negara-negara kapitalis di Eropa Barat dan Amerika Serikat. Pengetatan disiplin dan pengintensifan jam kerja, minimnya upah, dan buruknya kondisi kerja di tingkatan pabrik, melahirkan perlawanan dari kalangan kelas pekerja.

Sangat disayangkan, sejak era Orde Baru, peringatan hari buruh di Indonesia tidak boleh dilakukan. Pasalnya, gerakan kaum buruh oleh rezim Soeharto kerap diidentikkan dengan paham komunis yang sangat terlarang pada masa itu. Baru setelah kekuasaan Orde Baru runtuh pada 1998, kaum pekerja di Indonesia kembali boleh merayakan Hari Buruh Nasional hingga saat ini.

Tanggal 1 Mei inilah jutaan orang di tanah air bahkan seluruh dunia merayakan Hari Buruh Nasional dengan menggelar berbagai macam aksi sebagai bentuk perjuangan demi perbaikan nasib kaum pekerja di Indonesia, namun tidak bias dipungkiri perusahaan di Indonesia masih banyak yang melakukan kecurangan tindakan tidak adanya keadilan bagi para kaum Buruh, Sejahteralah Kaum Buruh Indonesia. [Red]
Share this post :

Posting Komentar

 
Support : Creating Website | Maz Kizin | Redaksi
Copyright © 2014. Suara Online Terkini - All Rights Reserved
Template Created by SOT Jepara Published by Maz Kizin
Proudly powered by SOT Jepara