"TERIMA KASIH" Anda telah memasuki Website Media Suara Online Terkini "SOT Jepara" Sebelum anda membaca semua berita yang telah kami rangkum sebelumnya kami akan jelaskan mengenai SOT Jepara ok... Suara Online Terkini adalah Media Online yang mampu menampung berbagai macam berita diantaranya Seputar Nasional, Metropolitan, Daerah, Ekonomi, Bisnis, Internasional, Sosial, Budaya, Agama, Pendidikan, Politik, Hukum, Kesehatan dll kami terima kritik dan saran melalui kontak kami.atau Hub: 085-229-333-371 Pin BB:7473F04F.
Headlines News :
Home » » Pemkab dan UGM Tandatangani MoU “Pembangunan Berbasis Riset”

Pemkab dan UGM Tandatangani MoU “Pembangunan Berbasis Riset”

Written By Unknown on Jumat, 04 Juli 2014 | 11.22

SOT Jepara - suaraonlineterkini.com - Kota Ukir Jepara kedepan hendak mencanangkan pembangunan berbasis riset dan guna mendukung program tersebut Pemkab menggandeng UGM ( Universitas Gajah Mada ) yogyakarta. Kerjasama ini dikukuhkan dalam sebuah MOU kedua belah pihak yang telah ditandatangani bersama di Ruang kerja Bupati. Pihak pertama Pemkab jepara ditandangani langsung Bupati Jepara, Ahmad Marzuqi SE  dan Pihak kedua UGM dihadiri Wakil Rektor UGM, Prof. DR Suratman Wirosuprojo MSc. Hadir turut mendampingi dan menyaksikan  Wakil Bupati Jepara beserta Kepala Dinas/Instansi terkait dan perwakilan Pejabat Rektorat UGM. ( 01/07 2014 ).

Kesepakatan bersama ini pada dasarnya mengatur berbagai kemungkinan kerjasama di bidang pendidikan, penelitian dan pengembangan kepada masyarakat, Keuangan Pemerintah daerah, perencanaan pembangunan wilayah serta bidang lainnya yang disepakati kedua belah pihak. Termasuk didalamnya dalam kerjasama pelaksanaan Kuliah Kerja Nnyata (KKN). Adapun maksudnya adalah sebagai salah satu sarana untuk meningkatkan pembangunan daerah sekaligus pengembangan Tridarma Perguruan Tinggi di kabupaten Jepara. Dengan tujuan utama untuk mendukung percepatan pencapaian target  yang diinginkan kedua belah pihak. Sehingga keberadaan kerjasama ini nantinya akan ditindaklanjuti sebagaimana kepentingan kedua pihak. Pelaksanaannya juga akan dievaluasi dan hasilnya akan digunakan masukan bagi perencanaan program berikutnya.

Bupati Jepara menyatakan apresiasi dan terima kasih atas kejasama yang telah terjalin selama ini. Perlu diketahui bahwa kegiatan kerjasama dengan pihak UGM sebenarnya  telah dilakukan sejak lama. Namun MoU ini adalah sebagai penguat kinerja bersama yang lebih kokoh dan luas cakupannya. Tercatat bebrapa waktu lalu telah ada KKN UGM di Karimunjawa dan sebelumnya juga telah dilaksanakan di beberapa wilayah Kabupaten jepara lainnya. Pihaknya sangat berharap melalui MoU ini lebih meningkat lagi.  Sehingga implementasi Iptek oleh UGM di kabupaten Jepara ini benar-benar bermanfaat dan dirasakan dalam menggerakkan roda ekonomi maupun kemungkinan bisnis dan kemajuan kesejahteraan masyarakat dan Kabupaten Jepara pada umumnya.

Wakil Rektor UGM, Suratman yang hadir meawkili Rektor menyatakan poihkanya denagn tangan terbuka menyambut kerjasama dengan Pemkab Jepara. Sebagai Perguruan Tinggi , pihkanya memang wajibv menyediakan hasil-hasil riset untuk diterapkan di kehidupan masyarakat untuk diperoleh manfaatnya. Hal ini juga telah dilaksaakan pihaka UGM  di beberapa wilayah, seperti di Gunung Kidul, Lampung, Papua, Jembrana dll. Khusus untuk menjaga kelestarian pantai di Jepara, pihaknya akan menerapkan teknologi pengembangan vegetasi untuk mempercepat pertumbuhan vegetasi pantai. Pel,estarian tumbuhan pesisir pantai ini penting sekali dilakukan agar kerusakan alam tidak makin parah terjadi.

Pihak UGM dalam hal ini tidak hanya membantu dalam bidang riset pelestarian lingkungan saja. Namun juga berbagai bidang lain, seperti ekonomi. Budaya, sejarah, energi baru yang kreatif dan inovatif dan lainnya. Beberapa agenda  yang akan dilakukan diantarnya, Jepara hijua Jepara makmur, pendampingan keuangan, UMKM dan lainnya.
Khusus dalam rekonstruksi sejarah Ratu kalinyamat, Pihaknya juga menyiapkan naskah akademik . Hal ini perlu dilakukan untuk mendukung tokoh tersebut menjadi pahlawan dan diharpakan menjadi kebanggaan masyarakat Jepara. [SB]
Share this post :

Posting Komentar

 
Support : Creating Website | Maz Kizin | Redaksi
Copyright © 2014. Suara Online Terkini - All Rights Reserved
Template Created by SOT Jepara Published by Maz Kizin
Proudly powered by SOT Jepara