"TERIMA KASIH" Anda telah memasuki Website Media Suara Online Terkini "SOT Jepara" Sebelum anda membaca semua berita yang telah kami rangkum sebelumnya kami akan jelaskan mengenai SOT Jepara ok... Suara Online Terkini adalah Media Online yang mampu menampung berbagai macam berita diantaranya Seputar Nasional, Metropolitan, Daerah, Ekonomi, Bisnis, Internasional, Sosial, Budaya, Agama, Pendidikan, Politik, Hukum, Kesehatan dll kami terima kritik dan saran melalui kontak kami.atau Hub: 085-229-333-371 Pin BB:7473F04F.
Headlines News :
Home » » Sisi Lain Masyarakat Karimunjawa Dibalik Keelokan Pulaunya

Sisi Lain Masyarakat Karimunjawa Dibalik Keelokan Pulaunya

Written By Unknown on Kamis, 04 September 2014 | 21.13

Reportase Karimunjawa Part 1. 
SOT Jepara - suaraonlineterkini.com - kepulauan karimunjawa yang digadang gadang sebagai Bali nya Indonesia ke2, ada juga yang menyebut carribean of karena ke eksotisan pulaunya ternyata tak sepadan dengan kehidupan asli masyarakatnya, ini tercermin ketika wartawan suaraonlineterkini.com menyambangi pulau tersebut Rabu, 3/9/14. 

Berikut petikan wawancara suaraonlineterkini.com pada beberapa warga Desa Kemujan Kecamatan Karimunjawa. “ Sudiyono 73 Th mantan kamituwo Dukuh Mrican Desa Kemujan, ia menuturkan bahwa sejak awal tahun 1958 dia menempati pulau karimun, kemudian tahun 1974 ia menjabat sebagai kamituwo sampai akhir tahun 2006, dengan tanpa bayaran bengkok dari pemerintah Desa. 

Kakek dengan 10 anak dan 15 cucu serta beberapa cicit ini dengan ikhlasnya menjalani pekerjaanya walaupun tanpa bayaran dari pemerintah, kendati dapat uang tunjangan yang besarnya tidak seberapa, namun dia sangat bersyukur karena dipulau ini ia mendapatkan ketenangan. Imbuhnya. 

Kepulauan Karimunjawa terdapat 27 pulau besar dan kecil dan sebanyak 4 pulau yang berpenghuni, Yakni Pulau Karimunjawa, Pulau Parang, Pulau Nyamuk dan juga pulau Genteng. Karimunjawa sendiri terbagi atas 4 Desa. Dan Karimunjawa sebagai Pusat kecamatan dan administrasi. 

Beberapa hal yang perlu dan sangat mendesak untuk dibangun adalah masalah Listrik, listrik disana masih mengandalkan PLTD yang hanya hidup pada saat malam saja. Salain itu infrastruktur berupa jalan penghubung Desa juga rusak parah, sekitar jarak 20 km dari kota karimunjawa menuju Bandara Dewandaru bisa ditempuh selama satu jam lebih akibat banyak jalan yang terkikis air dan bergelombang. 

Untuk masalah fasilitas kesehatan di Karimunjawa hanya terdapat Puskesmas Kecamatan yang melayani sekitar 12.000 penduduk. disana belum ada Rumah Sakit. Edi salah satu pemuda Karimunjawa mengatakan himbauannya kepada pemerintah daerah semoga cepat dibangun Rumah Sakit. 

Untuk harga komoditi sembako di Karimunjawa relative Mahal, ini dikarenakan jarak tempuh belanja yang jauh dari Karimun ke Kota Jepara. Seperti harga Gas LPG 3 Kg dijual dengan kisaran harga 30 rb per tabung, ini jauh sekali jika dibandingkan dengan harga di pasaran umum seperti di Jepara yang hanya dijual kisaran Harga 17 rb. 

Karimunjawa terkenal dengan pohon kelapanya dan juga buah Jambu mede nya. Satu lagi keunikan karimunjawa, masyarakatnya sangat menjunjung tinggi kejujuran, ini terbukti tidak pernah ada maling disana “ ungkap Tarmuji. Bahkan sepeda motor di biarkan saja diluar rumah takkan ada yag merani mencuri. Next part II…
Share this post :

Posting Komentar

 
Support : Creating Website | Maz Kizin | Redaksi
Copyright © 2014. Suara Online Terkini - All Rights Reserved
Template Created by SOT Jepara Published by Maz Kizin
Proudly powered by SOT Jepara