"TERIMA KASIH" Anda telah memasuki Website Media Suara Online Terkini "SOT Jepara" Sebelum anda membaca semua berita yang telah kami rangkum sebelumnya kami akan jelaskan mengenai SOT Jepara ok... Suara Online Terkini adalah Media Online yang mampu menampung berbagai macam berita diantaranya Seputar Nasional, Metropolitan, Daerah, Ekonomi, Bisnis, Internasional, Sosial, Budaya, Agama, Pendidikan, Politik, Hukum, Kesehatan dll kami terima kritik dan saran melalui kontak kami.atau Hub: 085-229-333-371 Pin BB:7473F04F.
Headlines News :
Home » » Hari Pers Nasional, Momentum Lahirnya Nilai Nilai Kebebasan

Hari Pers Nasional, Momentum Lahirnya Nilai Nilai Kebebasan

Written By Unknown on Senin, 09 Februari 2015 | 21.17


JEPARA-suaraonlineterkini.com-Tanggal 09 Februari 1985 merupakan hari dimana ditetapkannya sebagai hari pers nasional, sudah 30 tahun hingga saat ini dunia pers Indonesia memberikan sajian informasi yang berguna bagi masayarakat, perubahan dari waktu kewaktu diharapkan mampu membawa dampak positif bagi bangsa dan Negara Indonesia.

Menilik kebelakang sejarah berdirinya hari P
ers nasional yang ditetapkan pada tanggal 9 februari juga didasari bahwa tanggal tersebut merupakan awal dibentuknya Persatuan Wartawan Indonesia ( PWI ) di solo pada tahun 1946. Yang saat itu merupakan satu satunya wadah bagi para wartawan di Indonesia.
Dari waktu ke waktu semakin banyak pergeseran fungsi dan tugas dari media, baik media massa, elektronik, maupun cetak, kepentingan kepentingan politik yang di campur adukkan dengan pers membawa dampak negative bagi dunia jurnalistik, alih fungsi ini tak lain disebabkan hegemoni orang per orang yang mempunyai tujuan tertentu.

Fungsi pers sebagi media informasi, edukasi dan control social kadang tergerus oleh kepentingan individu dan golongan, untuk itu pers yang seharusnya independent secara prosedural terkadang mengesampingkan nilai nilai norma dan etika.
Momentum 9 februari inilah saatnya kita jadikan pers sebagai media informasi yang menghadirkan nilai nilai yang mendidik dan beretika, sebagi control social masyarakat dan ikut serta dalam pembangunan bangsa seperti yang termakbul dalam pancasila sebagai dasar Negara Indonesia.

Kebebasan berekspresi dan berpendapat sudah selayaknya dilindungi undang undang, namun tak jarang banyak dalam kasus tertentu terdapat intimidasi, intervensi dan ancaman ancaman yang bersifat individual yang dapat menghambat kebebasan pers dalam menyajikan informasi yang benar dan bernilai bagi masyarakat, wartawan sebagai salah satu bagian dari insan pers sangat berperan aktif dan vital demi menyajikan sebuah berita atau  kabar yang berguna bagi masyarakat luas.

Disini S.O.T sebagai salah satu media online di Indonesia dengan momentum hari pers nasional ini akan menyajikan dan memberikan informasi yang bersifat mendidik, berdasar kebenaran tidak tendensi dan hedonis, namun berusaha mengedepankan kemajuan bangsa, semoga dengan semakin dewasanya dapat memberikan manfaat yang baik dan dapat dijadikan spionase masyarakat untuk mengungkap kebenaran kebenaran yang terkadang terenggut oleh pihak atau golongan tertentu.
( z/dr)

Share this post :

Posting Komentar

 
Support : Creating Website | Maz Kizin | Redaksi
Copyright © 2014. Suara Online Terkini - All Rights Reserved
Template Created by SOT Jepara Published by Maz Kizin
Proudly powered by SOT Jepara