"TERIMA KASIH" Anda telah memasuki Website Media Suara Online Terkini "SOT Jepara" Sebelum anda membaca semua berita yang telah kami rangkum sebelumnya kami akan jelaskan mengenai SOT Jepara ok... Suara Online Terkini adalah Media Online yang mampu menampung berbagai macam berita diantaranya Seputar Nasional, Metropolitan, Daerah, Ekonomi, Bisnis, Internasional, Sosial, Budaya, Agama, Pendidikan, Politik, Hukum, Kesehatan dll kami terima kritik dan saran melalui kontak kami.atau Hub: 085-229-333-371 Pin BB:7473F04F.
Headlines News :
Home » » Hasil Panen Melimpah Warga Desa Bawu gelar Sedekah Bumi

Hasil Panen Melimpah Warga Desa Bawu gelar Sedekah Bumi

Written By Unknown on Minggu, 13 September 2015 | 21.36

JEPARA - suaraonlineterkin.com - Acara Sedekah Bumi diadakan satu Tahun sekali itu sebagai wujud rasa syukur atas hasil panen yang melimpah, warga dan petani di Desa Bawu Kecamatan Batealit Kabupaten Jepara. Beragam jenis hasil bumi, seperti padi, kacang, pisang, ketela dan lain-lainnya, dihias dan ditata sedemikian rupa lalu diarak pada Minggu 13/9 Pagi.

Puluhan Mobil Hias membawa hasil Bumi,diarak warga berkeliling desa. ketua BPD mewakili Petinggi Desa Bawu, Said, meyampaikan, selama ini hasil panen dan hasil bumi lainnya dianggap telah mampu memberikan sumber kehidupan bagi warga.

Acara Ritual Sedekah Bumi ini sebagai wujud rasa syukur kepada Tuhan yang Maha Esa agar ke depannya dapat semakin melimpah.“Ini sebagai wujud syukur kita, warga Desa Bawu yang telah diberikan banyak rezeki dari hasil bumi oleh Allah SWT,” ujar Said di sela-sela acara sedekah Bumi.

Mobil Hias hasil bumi yang sudah dibuat warga, diceritakan Said selaku ketua BPD desa bawu mewakili petinggi, diarak dari kantor Balai desa bawu mulai strat keliling desa bawu dan finish dikantor Balai Desa Bawu Tiba di kantor balai Desa.

warga yang turut mengarak dan warga yang menanti arak-arak mobil hias selanjutnya melakukan doa bersama.“Ada 42 RT yang turut serta merayakan sedekah Bumi dengan arak-arakan  mobil yang hias  dan membawa hasil bumi yang diarak, karena setiap RT membuat 3 sampai 4 unit mobil hias dan hasil bumi untuk diikutkan dalam arak-arakan,” kata Said.Setelah melakukan arak-arakan sampai sore hari,

Acarz malam harinya digelar pertunjukan wayang kulit, Dengan menggelar pementasan  tersebut, diharapkan warga Desa Bawu tetap selalu rukun dan guyub.“Seluruh rangkain kegiatan sedekah bumi juga dimaksudkan untuk menjaga kerukunan dan kebersamaan sesama dan antar warga desa agar tercipta kehidupan bermasyarakat yang damai,” tutup Said. [RIZ]
Share this post :

Posting Komentar

 
Support : Creating Website | Maz Kizin | Redaksi
Copyright © 2014. Suara Online Terkini - All Rights Reserved
Template Created by SOT Jepara Published by Maz Kizin
Proudly powered by SOT Jepara