"TERIMA KASIH" Anda telah memasuki Website Media Suara Online Terkini "SOT Jepara" Sebelum anda membaca semua berita yang telah kami rangkum sebelumnya kami akan jelaskan mengenai SOT Jepara ok... Suara Online Terkini adalah Media Online yang mampu menampung berbagai macam berita diantaranya Seputar Nasional, Metropolitan, Daerah, Ekonomi, Bisnis, Internasional, Sosial, Budaya, Agama, Pendidikan, Politik, Hukum, Kesehatan dll kami terima kritik dan saran melalui kontak kami.atau Hub: 085-229-333-371 Pin BB:7473F04F.
Headlines News :
Home » » Awas! Ciri-Ciri Makanan yang Tidak Boleh Dikonsumsi Manusia

Awas! Ciri-Ciri Makanan yang Tidak Boleh Dikonsumsi Manusia

Written By suaraonlineterkini on Minggu, 09 Februari 2014 | 10.54

SOT Jepara - Makan dan minum bukanlah suatu perkara main-main.  Kegiatan makan dan minum harus dilakukan secara serius dengan memperhatikan banyak faktor, seperti kandungan gizi, kebersihan, keadaan fisik, selera makan, variasi makanan, zat kimia makanan, zat aditif, dan lain sebagainya.  Saat ini memang banyak orang yang makan sembarangan dan lebih mementingkan rasa makanan minuman yang sesuai dengan seleranya daripada faktor-faktor lainnya.  Akibatnya masyarakat indonesia banyak yang terkena penyakit dan gangguan kesehatan yang disebabkan oleh makanan yang dimakannya atau minuman yang diminumnya.

Berbagai Tanda-Tanda atau Ciri-Ciri Makanan dan Minuman yang Tidak Layak Dimakan / Dikonsumsi :

1. Makanan yang Sudah Lewat Tanggal Kadaluarsa

2. Makanan yang Sudah Berbau Tidak Sedap (Busuk)

3. Makanan yang Sudah Dihinggapi atau Dikerubuti Serangga atau Binatang

4. Makanan yang Sudah Kotor (misal karena terjatuh atau terkena debu)

5. Makanan yang Sudah Berubah Warna atau Penampilannya

6. Makanan yang Mengandung Zat Kimia Berbahaya

7. Makanan yang Dapat Menyebabkan Alergi atau Gatal-Gatal

8. Makanan yang Dibuat dan Disajikan secara Tidak Higienis atau Tidak Benar

9. Makanan yang Bisa Menimbulkan Penyakit atau Gangguan Kesehatan

10. Makanan yang Dimiliki oleh Orang Lain

11. Makanan yang Dilarang Dikonsumsi oleh Ajaran Agama Seseorang maupun Adat Isitiadat Setempat

12. Makanan yang Terkontaminasi Kuman, Virus, Bakteri Berbahaya

13. Makanan yang Menyebabkan Ketergantungan / Ketagihan Berat jika Dikonsumsi

Serta masih ada banyak lagi pertanda lain yang mungkin belum disebutkan dalam daftar di atas.  Apabila anda memiliki tambahan silahkan ditambahkan lewat fitur komentar di bawah ini.  Jika suatu makanan atau minuman memiliki salah satu ciri dari tanda-tanda di atas, maka sebaiknya makanan atau minuman tersebut tidak dikonsumsi.  Atau jika ragu-ragu dapat menanyakannya kepada orang yang lebih paham, agar tidak terjadi kesalahan yang menyebabkan terjadinya penyakit atau pun gangguan kesehatan pada diri kita maupun orang lain yang ikut menyantap makanan minuman tersebut.

Mulailah dari sekarang mengubah pola makan dan pola minum anda dengan pola makan minum yang sehat demi kebaikan anda sendiri maupun kebaikan orang-orang di sekeliling anda.  Kebiasaan buruk dalam mengkonsumsi makanan dan minuman bisa ditiru oleh anak-anak dan anggota keluarga yang lainnya.  Padahal anak-anak biasanya lebih sensitif tubunya terhadap berbagai serbuan makanan-makanan dan minuman-minuman yang tidak sesuai dengan standar pola makan sehat.  Oleh karena itu jadilah contoh atau teladan yang baik bagi anggota keluarga yang lain dalam hal penerapan pola makan yang sehat dan baik.
akanan dan minuman yang kita konsumsi sehari-hari haruslah makanan yang baik dan cukup secara kuantitas maupun kualitasnya.  Namun kadangkala makanan dan minuman yang kita konsumsi tidak sesuai dengan standar kelayakan untuk dikonsumsi.  Ada banyak hal yang menyebabkan suatu makanan menjadi tidak layak untuk dimakan atau dikonsumsi oleh manusia.  Apabila dikonsumsi juga, maka bisa jadi makanan tersebut dapat menyebabkan berbagai efek negatif berupa penyakit maupun gangguan kesehatan lainnya.  Oleh sebab itu setiap orang hendaknya menjaga makanan dan minuman yang dikonsumsinya demi kebaikan dirinya sendiri.
Share this post :

Posting Komentar

 
Support : Creating Website | Maz Kizin | Redaksi
Copyright © 2014. Suara Online Terkini - All Rights Reserved
Template Created by SOT Jepara Published by Maz Kizin
Proudly powered by SOT Jepara