"TERIMA KASIH" Anda telah memasuki Website Media Suara Online Terkini "SOT Jepara" Sebelum anda membaca semua berita yang telah kami rangkum sebelumnya kami akan jelaskan mengenai SOT Jepara ok... Suara Online Terkini adalah Media Online yang mampu menampung berbagai macam berita diantaranya Seputar Nasional, Metropolitan, Daerah, Ekonomi, Bisnis, Internasional, Sosial, Budaya, Agama, Pendidikan, Politik, Hukum, Kesehatan dll kami terima kritik dan saran melalui kontak kami.atau Hub: 085-229-333-371 Pin BB:7473F04F.
Headlines News :
Home » » Sanggar Gaperto jepara,Gelar LBPK ke 5

Sanggar Gaperto jepara,Gelar LBPK ke 5

Written By Unknown on Selasa, 25 Oktober 2016 | 03.06

Ajang kebolehan Lomba Baca Puisi Kreatif Jepara
JEPARA - suaraonlineterkini.com - Lomba Baca Puisi Kreatif (LBPK) adalah salah satu terobosan atau upaya pengemasan pembacaan puisi yang berbeda dg pembacaan puisi biasanya.. Hal ini agar puisi lebih enak ditonton atau lebih bisa dinikmati serta membuktikan bahwa pembacaan puisi bisa dikemas dg berbagai bentuk.

Dalam lomba ini, peserta dipersilahkan menentukan titik (stage) di ruang terbuka serta dibebaskan pula menggunakan properti atau musik pengiring sebagai bentuk eksplorasi potensi.

Selain berbagai hal yang melatarbelakangi tersebut, LBPK ini merupakan salah satu agenda rutin setiap tahun Sanggar Seni Gaperto Mlinggo - Jepara dan tahun 2016 ini adalah LBPK ke 5 sekaligus lounching buku puisi MEMBACA JEPARA jilid 2

Memurut Art & teatre director Gaperto Art Community (GAC), Didid Endro S., LBPK ini bukanlah sekedar euphoria kesusasteraan belaka tetapi lebih pada upaya penggalian dan eksplorasi potensi melalui puisi.

"kesusasteraan itu kan anak kandung kebudayaan, dan puisi adalah salah satu bentuk karya sastra", ungkapnya.

Sehingga, lanjutnya, bukan hal yang berlebihan jika sebagai pengasuh sanggar Gaperto yang berdiri sejak 1998 ini berkeinginan mengangkat Jepara melalui seni budaya.

Hal ini terbukti, Didid Endro, selalu berupaya mengembangkan sanggarnya.. Berawal dari teater, seni musik, lukis, tari, sastra, hingga seni tradisional Barongan .

Didid juga telah berhasil membawa Jepara melalui seni budaya 4 (empat) dalam event kolaborasi seni Asia Eropa, keliling Indonesia dengan puisinya, bahkan berhasil mencipta barongan berukuran raksasa dan menjadi barongan terbesar se dunia.

"dalam melakukan ini, kami lepas dari tendensi apapun.. Kami secara sadar memyukai kesenian, kebudayaan dan berusaha semampu kami untuk tetap berada di sini.. Kalupun tiba-tiba masih dianggap mubadzir atau bahkan ada yang berkata lain, itu terserah penilaian masing-masing" , tegasnya.

Selain LBPK yg dilaksanakan rutin setiap tahun, GAC juga menggelar berbagai acara kesenian termasuk diskusi atau sarasehan dalam kemasan berbeda tiga kali dalam setahun.

Setiap agenda yang digelar, Didid selalu melibatkan seluruh unsur masyarakat serta seniman-seniman dari bernagai kota..

Seperti di LBPK ke 5 ini, sudah terkonfirmasi ada 9 kota yang akan datang dan bergabung pada malam penganugerahan pemenang lomba dan lounching buku puisi "Membaca Jepara" jilid 2.

Acara ini akan digelar Sabtu (29/10) memdatang di halaman sanggar Gaperto, Gg.. Mimbar 1 RT 09/02 Jambu-Mlonggo-Jepara. Didid sangat memgharap partisipasi, apresiasi serta dukungan dari berbagai lapisan masyarakat atas ggaramya kegiatan tersebut .

LBPK ke 5 ini juga tidak berbeda jauh dari tahun-tahun sebelumnya, yakni tetap pada kategori Pelajar (SMA/SMK/MA sederajat) se karesidenan Pati, dan kategori Umum se Provinsi Jawa Tengah.
(RIZ).
Share this post :

Posting Komentar

 
Support : Creating Website | Maz Kizin | Redaksi
Copyright © 2014. Suara Online Terkini - All Rights Reserved
Template Created by SOT Jepara Published by Maz Kizin
Proudly powered by SOT Jepara